Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup, dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sejarah Ruang Lingkup dan Ciri Cirinya

Apa yang dimaksud dengan sejarah? Pertanyaan ini akan merujuk pada suatu pengertian sejarah itu sendiri, baik pengertian secara umum, etimologi, dan menurut para ahli.

Pengertian sejarah secara umum dapat dilihat dan dibaca dalam buku-buku materi sejarah, sedangkan sejarah menurut para ahli merupakan pendapat dari pakar sejarah yang sudah terkenal seperti Muhammad Ali, Sartono Kartodirdjo, dan Kuntowijoyo.

Dalam beberapa kesempatan, banyak sekali pendapat-pendapat mengenai definisi sejarah yang sudah disebutkan di berbagai sumber. Hal ini sangat perlu dipelajari agar para pembaca mendapat informasi tentang pengertian sejarah secara lengkap dan mendalam.

Perlu diingat, bahwa materi kali ini akan membahas tentang pengertian sejarah, baik secara umum, secara etimologi, dan sejarah menurut beberapa ahli. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu sejarah, akan dicantumkan pula beberapa kata dari bahasa asing yang bermakna sejarah.

Materi tentang pengertian sejarah yang sudah disebutkan tadi akan dibahas secara lengkap dan diambil dari berbagai sumber buku yang sudah admin pilih. Buku tersebut di antaranya, Pengantar Ilmu Sejarah karangan Prof. Kuntowijoyo dan Cakrawala Sejarah karya Wardaya.

Pengertian Sejarah


Arti Kata Sejarah

Secara etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajarah atau syajaratun yang artinya pohon (Dwi Ari L., 2009 : 2). Sumber lain menyebutkan, perkataan sejarah berasal dari bahasa Arab "syajara" artinya terjadi, "syajaratun" (baca: syajarah) artinya pohon kayu (Ismaun, tanpa tahun : 1.3).

Pohon menggambarkan pertumbuhan terus-menerus secara dinamis dari bumi ke udara dengan mempunyai cabang, dahan, daun, bunga serta buahnya. Oleh sebab itu, dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan dan kejadian.

Sejarah yang berarti pohon juga bermakna keturunan, asal-usul atau silsilah. Apa bila kita perhatikan sebuah silsilah keluarga, maka akan membentuk seperti pohon. Lihat gambar di bawah ini!

Arti Kata Sejarah
Pohon Sejarah

Sejarah merupakan salah satu cabang ilmu yang sudah diakui oleh dunia. Menurut bahasa Inggris adalah history, artinya masa lampau, maksudnya masa lampau manusia (Wardaya, 2009 : 2). Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut historia, yang berarti belajar.

Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut geschichte yang artinya sesuatu yang terjadi, yaitu sesuatu yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia (Wardaya, 2009 : 3). Mengapa harus kehidupan manusia? karena yang menjadi pelaku atau subjek sejarah adalah manusia, bukan hewan, tumbuhan, atau benda-benda lainnya.

Pengertian Sejarah

Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa (Wardaya, 2009 : 2). Secara sederhana sejarah disebut juga dengan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau, namun karena sejarah membutuhkan bukti apa bila diceritakan atau ditulis kembali, maka harus berdasarkan bukti-bukti sejarah.

Kejadian yang sudah terjadi merupakan peristiwa masa lampau, sedangkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa merupakan bukti bahwa suatu peristiwa benar-benar terjadi. Sebagai contoh, apabila kita menceritakan peristiwa atau kejadian yang telah kita lihat, maka untuk meyakinkan pendengar harus ada buktinya.

Jadi, pengertian sejarah secara umum adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia (Wardaya, 2009 : 3). Sejarah juga mempunyai dimensi ruang dan waktu, artinya sejarah itu merupakan peristiwa yang terjadi di suatu tempat dan pada waktu lampau.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Menurut Moh. Yamin, SH, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan (Dwi Ari L., 2009 : 3). Maksud pengertian tersebut yaitu, sejarah merupakan ilmu pengetahuan dari hasil penyelidikan atau penelitian suatu peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

Selain Moh. Yamin, ada banyak para ahli sejarah yang juga berpendapat terkait dengan pengertian sejarah. Berikut ini beberapa definisi sejarah menurut para ahli yang diambil dari beberapa sumber.

1. Edward Harlott Car

Menurut Edward Harlott Carm sejarah adalah suatu proses interaksi antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada, yaitu suatu dialog yang tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam. Interaksi dalam pengertian ini ialah bahwa sejarawan merupakan orang yang akan merekonstruksi peristiwa sejarah (Hendrayana, 2009 : 4).

2. Ibnu Khadun

Mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi masyarakat itu (Dwi Ari L., 2009 : 3).

3. Muhammad Yamin

Sejarah ialah ilmu pengetahuan umum yang berhubungan dengan cerita bertarikh, sebagai hasil penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain (Hendrayana, 2009 : 4).

4. Prof. Kuntowijoyo

Apakah sejarah itu? sejarah adalah rekonstruksi (Kuntowijoyo, 2018 : 14). Apa yang direkonstruksi sejarah? Ialah apa saja yang sudah dipikirkan, dikatakan, dirasakan, dan dialami oleh orang.

5. Moh. Ali

Sejarah merupakan keseluruhan perubahan, dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi pada masa lampau (Marwan, 2009 : 5).

6. Moh. Hatta

Sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekadar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

7. Sartono Kartodirdjo

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo merupakan bentuk penggambaran pengalaman kolektif di masa lalu, dan untuk mengungkapnya dapat melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu.

Ciri-Ciri Utama Sejarah


Sejarah mempunyai ciri-ciri utama yang harus melekat pada dirinya. Berikut ini adalah ciri-ciri umum dalam dunia sejarah (Hendaryana, 2009 : 5-6) yaitu;
  1. Peristiwa sejarah itu abadi, tetap dikenang oleh generasi selanjutnya; misalnya peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
  2. Peristiwa sejarah itu unik, hanya terjadi satu kali seumur hidup, tak pernah terulang secara persis untuk kedua kalinya; Oleh karena itulah tidak akan pernah ada peristiwa sejarah yang berulang. Setiap peristiwa akan berbeda dengan peristiwa sebelumnya, mungkin saja peristiwanya sama tetapi pelaku, waktu, dan tempatnya akan berbeda.
  3. Peristiwa sejarah itu penting karena memiliki arti dan makna terhadap kehidupan khalayak ramai dan memiliki pengaruh besar dalam perjalanan manusia yang menjalaninya, misalnya peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, walaupun berlangsung singkat, namun dianggap sebagai peristiwa bersejarah karena pengaruhnya yang besar terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ruang Lingkup Sejarah


Sejarah sebagai ilmu pengetahuan mempunyai ruang lingkup yang berbeda dari ilmu-ilmu lainnya. Ruang lingkup sejarah ada empat macam yaitu, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai kisah, dan sejarah sebagai seni.

1. Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa ialah kejadian, kenyataan, aktualitas, sejarah in concreto atau an sich yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada waktu yang lalu; sejarah sebagai res gestae atau menurut Mohammad Ali disebut sejarah-serba objek (Ismau, Tanpa Tahun : 1.16).

Sederhanamya, sejarah sebagai peristiwa berarti suatu kejadian di masa lampau, sesuatu yang sudah terjadi, dan sekali jadi (tidak terulang kembali). Sejarah sebagai peristiwa adalah kenyataan yang objektif, artinya kenyataan yang benar-benar ada dan terjadi dalam kehidupan manusia (Marwan, 2009 : 7).

2. Sejarah Sebagai Kisah

R. Moh. Ali dalam Ismaun menyatakan sejarah sebagai kisah ialah cerita berupa narasi yang disusun dari memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap kejadian-kejadian atau peristiwa yang terjadi atau berlangsung pada waktu yang lampau atau serba subjek (Marwan, 2009 : 12).

3. Sejarah Sebagai Ilmu

Sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan (a body of Knowledge) tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di masyarakat manusia pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas-asas, prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah (Hendarayana, 2009 : 8-9).

Ada beberapa ciri sejarah sebagai ilmu yaitu, empiris, memiliki objek, memiliki teori, dan memiliki metode. Empiris artinya berkaitan dengan pengalaman manusia, memiliki objek maksudnya sejarah mempunyai objek atau sasaran yang berbeda dengan ilmu lainnya.

Sejarah sebagai ilmu juga memiliki teori-teori tertentu dan juga mempunyai metode untuk penelitian yang sistematis.

4. Sejarah Sebagai Seni

Menurut Dithley, sejarah adalah pengetahuan tentang cita rasa (Hendrayana, 2009 : 9).

Jadi meskipun sejarah disusun berdasarkan bahan-bahan secara ilmiah, tetapi penyajiannya menyangkut soal keindahan bahasa, dan seni penulisan; maka kita cenderung untuk menyimpulkan bahwa sejarah termasuk juga sebagai karya seni, tetapi yang benar-benar seni juga tidak, sebab proses penelitiannya dilakukan secara ilmiah (Dwi Ari L., 2009 : 8).

Demikian penjelasan tentang pengertian sejarah, ciri-ciri sejarah, dan ruang lingkup sejarah. Semoga bermanfaat dan terus belajar dengan semangat.


Penulis : KhoiruAddien
Sumber atau Daftar Pustaka

  1. Hendrayana. 2009. Sejarah Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliah Kelas 10. Jakarta : PT Titian Ilmu
  2. Kuntowijoyo. 2018. Cetakan 1. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Tiara Wacana
  3. Listiani, Dwi Ari. 2009. Sejarah Untuk Kelas SMA/MA Kelas 10. Jakarta : Grahadi.
  4. M., Tarunasena. 2009. Memahami Sejarah SMA dan MA Untuk Kelas 10 Semester 1 dan 2. Jakarta : Armaco
  5. Supriadi, Marwan. 2009. Sejarah SMA Jilid 1 Untuk Kelas 10. Jakarta : PT Perca
  6. Wardaya. 2009. Cakrawala Sejarah untuk SMA/MA Kelas 10. Jakarta : PT Widya Duta Grafika
KhoiruAddien
KhoiruAddien Seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang pendidikan.

1 komentar untuk "Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup, dan Ciri-Cirinya"